Article written

  • on Selasa, 26 April 2011
  • at 21.30
  • by Blogger Bertuah

Door Closer Simple dan Murah Dari Bahan Baku Botol Bekas1

Sebanyak lima pelajar dilingkungan SMA 1 Pekanbaru, masing – masing Melati Oktavia, Rifka Gusmida, Muhammad Rizky Forest, Reza Lutfi, Willy Glint Valiant, berhasil ciptakan door closer (penutup pintu otomatis). Kelimanya tergabung dalam tim karya ilmiah remaja (KIR) sekolah yang beralamat di Jl. Sultan Syarif Kasim No.159 Pekanbaru, tersebut.

Bahkan Mipa Expo ke -4 di Universitas Riau (UR) 2010, mereka berhasil keluar sebagai juara pertama. Festifal Sains tahunan kala itu bertemakan teknologi Tepat Guna. “ Waktu itu, kami melihat brosur perlombaan sains di UR. Kemudian kami tertarik untuk mencoba ikut perlombaan tersebut,” Kata Melati Oktavia saat bincang-bincang bersama tribun, Senin(24/4).

Ide membuat door closer muncul setelah ayah dari seorang anggota tim mengeluhkan mahalnya harga door clooser. “ Ada satu dari ayah teman kami yang mengeluh karena harga door closer mahal. Dari situlah, muncul ide untuk membuat door closer dari bahan bekas,” Kata Melati.

Bahan-bahan yang mereka gunakan antara lain, idley pulley (bagian dari radio tape) yang mereka pakai sebagai katrol kecil, benang nilon atau juga bisa memakai senar pancing berukuran 40 lbs.

Kemudian botol minuman air mineral bekas ukuran 1,5 liter, sekrup, kawat dan seng. Sedangkan alat-alat yang digunakan, antara lain , obeng, pisau,atau cutter, gunting dan palu.

Cara pembuatan, pertama tancapkan paku diatas daun pintu. Lalu pasang catrol diatas kosen pintu, secara horizontal. Kemudian pasang catrol yang kedua pada sudut kanan kosen pintu secara vertikal. Lalu kaitkan atau tautkan tali nilon atau senar dari paku ke catrol diatas kosen pintu kemudian ke catrol yang ada disudut kanan kosen pintu. Selanjutnya gantung botol minuman bekas yang diisi dengan cairan sebagai pemberat pada ujung senar. 

Gambaran Alat Penutup Pintu Otomatis
Prinsip kerja alat penutup pintu otomatis dari botol minuman bekas, menggunakan prinsip catrol dan gaya gravitasi. Pada saat pintu dibuka dengan didorong, tali akan tertarik dan botol minuman bekas ini akan naik keatas. Ketika pintu dilepas, maka pintu akan tertutup secara otomatis. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya yang diberikan oleh botol minuman bekas yang telah diberi cairan.

Sehingga dengan menggunakan hukum gravitasi, maka benda tersebut akan turun kebawah karena masa yang dimiliki benda, yang mengakibatkan benda tersebut menimbulkan gaya kebawah yang sering kita sebut dengan gaya berat.

Pintu akan tertutup secara otomatis, setelah berhnti didorong. Karena gaya berat yang dimiliki oleh botol minuman bekas berisi cairan , akan menarik pintu yang sudah ditali dengan senar.

Untuk menentukan berat beban yang dibutuhkan oleh sebuah pintu, kemudian disesuaikan dengan berat beban yang diperlukan. ”misalnya, sebuah pintu memerlukan gaya untuk menutup pintu tersebut sebesar 20 N, maka kita harus menyesuaikan dengan berat beban yang diperlukan.

Sehingga berat beban yang diperlukan adalah ± 2 kg, karena sesuai dengan rumus gaya berat, yaitu w= m.g , ”beber melati. Namun jika tidak ingin mengukur beberapa gaya yang dibutuhkan untuk membuka pintu tersebut. Ia mengatakan, dapat memperkirakannya. Dengan cara menambah cairan lagi kedalam botol minuman bekas tersebut agar mebnjadi berat. (tribunpku)

subscribe to comments RSS

There are one comment for this post

Please, feel free to post your own comment

Jaringan Mading Online Sekolah Pekanbaru is powered by Blogger.